Jumat, 17 Maret 2017

Contoh RPPH Gejala Alam



TEMA ALAM SEMESTA
“PELANGI & PLANET”
USIA 5-6 TAHUN
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5S-u51p4bdNPMEoEDcNjn-CET05IVn-kjdn5STIb9I2yIUn7B4LCrfY_qTAX4hhiJo5q6zlo9HZ_CYEBZLjyWDqk3sZVIKFsHq_oBdhROjuJC5YYjPoFW5lUHjqI7aPxDQqcMuGbLSW94/s1600/uai.jpg.bmp


Disusun Oleh :
       Sucia Imanda (0604515853)
       Dea Annisa (0604515005)
Vitasya Putri Zahrawanny (0604515018)
Riska Sulistyawati (0604515021)
Nopi Sri Rezeki (0604515023)


UNIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA
FAKULTAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PG-PAUD
2016



TEMA :
ALAM SEMESTA
SUB TEMA 1:
GEJALA ALAM
SUB TEMA 2 :
BENDA-BENDA LANGIT
MATERI :
PELANGI
MATERI :
PLANET
METODE :
CERAMAH, TANYA JAWAB, BERCERITA, EKSPERIMEN
METODE :
CERAMAH, TANYA JAWAB, DEMONSTRASI
MEDIA :
GAMBAR PELANGI, BONEKA JARI, PLAYDOUGH, PUZZLE, SUSU, WADAH, PEWARNA MAKANAN, SABUN CUCI PIRING, COTTON BUDS
MEDIA :
GAMBAR PLANET, PLANET DARI STEROFOM, PLAYDOUGH,STIK, BOTOL BEKAS, KARTON
KEGIATAN :
·         PERCOBAAN MEMBUAT SUSU PELANGI
·         MENYUSUN PUZZLE
·         BERMAIN PLAYDOUGH
KEGIATAN :
·         MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA DARI STEROFOM
·         MEMBUAT PLANET DARI PLAYDOUGH
·         MEMBUAT ROKET DARI BOTOL BEKAS
KOMPETENSI DASAR

1.1  (MEMPERCAYAI ADANYA TUHAN MELALUI CIPTAAN-NYA)

2.2  (MEMILIKI PERILAKU YANG MENCERMINKAN SIKAP INGIN TAHU)

2.3  (MEMILIKI PERILAKU YANG MENCCERMINKAN SIKAP KREATIF)

3.8  (MENGENAL LINGKUNGAN ALAM)

3.15  (MENGENAL BERBAGAI KARYA DAN AKTIFITAS SENI)

4.3  (MENGGUNAKAN ANGGOTA TUBUH UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN HALUS)

4.8  (MENYAJIKAN BERBAGAI KARYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN ALAM DALAM BENTUK GAMBAR, BERCERITA, BERNYANYI DAN GERAK TUBUH)

4.15  (MENUNJUKKAN KARYA DAN AKTIFITAS SENI DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA)
ASPEK :
·         MORAL : MEMBACA KALIMAT THAYYIBAH KETIKA MELIHAT PELANGI (MASYA ALLAH) DAN BERSYUKUR ATAS NIKMAT ALLAH YANG DIBERIKAN YAITU BERUPA PELANGI

·         KOGNITIF : BEREKSPRERIMEN MEMBUAT PERCOBAAN SUSU PELANGI DAN MENYUSUN PUZZLE

·         FISIK MOTORIK : MELAKUKAN GERAKAN MEREMAS DAN MEMBENTUK PLAYDOUGH

·         BAHASA : BERCERITA TENTANG APA YANG DILIHAT DAN HASIL DARI EKSPRERIMEN SUSU PELANGI

·         SOSIAL EMOSIONAL : BEKERJASAMA SAAT BEREKSPRERIMEN SUSU PELANGI

·         SENI : MEMBUAT HASIL KARYA DARI PLAYDOUGH
ASPEK :
·         MORAL : MEMBACA KALIMAT THAYYIBAH, BERSYUKUR ATAS SEGALA CIPTAAN ALLAH TERUTAMA BUMI SEBAGAI PLANET TEMPAT TINGGAL MANUSIA

·         KOGNITIF : MENGETAHUI NAMA-NAMA PLANET DAN DAPAT MENGURUTKAN DALAM BENTUK KEGIATAN MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA


·         FISIK MOTORIK : MELAKUKAN GERAKAN MEREMAS DAN MEMBENTUK PLAYDOUGH
·         SOSIAL EMOSIONAL : BEKERJASAMA MELAKUKAN KEGIATAN MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA
·         SENI : MEMBUAT HASIL KARYA DARI BERBAGAI KEGIATAN
URUTAN KEGIATAN :

PEMBUKAAN

·         PEMBUKAAN DENGAN BERNYANYI DAN BERDOA

·         GURU BERTANYA, BERCAKAP CAKAP DENGAN ANAK DAN MENJELASKAN  MENGENAI PELANGI (APA ITU PELANGI, SIAPA PENCIPTA PELANGI, DIMANA ADANYA PELANGI, KAPAN ADANYA PELANGI, KENAPA ADA PELANGI, DAN BAGAIMANA PROSES TERJADINYA PELANGI)

·         GURU BERCERITA DENGAN MEDIA TENTANG PROSES TERJADINYA PELANGI

INTI

·         EKSPERIMEN MEMBUAT SUSU PELANGI

·         MENYUSUN PUZZLE

·         BERMAIN PLAYDOUGH


PENUTUP

·         REVIEW HASIL KEGIATAN HARI INI

·         PENUTUP DENGAN BERNYANYI DAN BERDOA
URUTAN KEGIATAN :

PEMBUKAAN

·         BERDOA, SALAM
·         BERCAKAP CAKAP SESUAI TEMA, MISALNYA MENYEBUTKAN BENDA BENDA LANGIT


INTI
·         ANAK MENGAMATI VIDEO TENTANG PLANET TATA SURYA
·         ANAK DIDORONG UNTUK BERTANYA TENTANG PLANET, SEPERTI : “APA ITU PLANET?”  “ SIAPA YANG MENCIPTAKAN PLANET?” “DIMANA PLANET BERADA?” “APA SAJA JENIS PLANET?”
·         GURU MERESPON PERTANYAAN ANAK DENGAN MENYIAPKAN KEGIATAN YANG BISA MENJAWAB PERTANYAAN ANAK

-          KEGIATAN  1 : MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA

-          KEGIATAN 2 : MEMBUAT PLANET DARI PLAYDOUGH

-          KEGIATAN 3 : MEMBUAT ROKET DARI BOTOL BEKAS

PENUTUP

·         MEMBICARAKAN MENGENAI KEGIATAN YANG DILAKUKAN
·         BERDOA, SALAM










FORMAT PENILAIAN HARIAN MATERI PELANGI
Kompetensi Dasar ( KD )
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Hasil Penilaian
BB
MB
BSH
BSB
1.1


Anak mengetahui pelangi sebagai ciptaan Tuhan





2.2

Anak mau bertanya tentang pelangi





2.3









3.8- 4.8



Anak mengetahui apa saja warna pelangi, dimana adanya pelangi dan kapan adanya pelangi





3.15- 4.15


Anak mampu membuat hasil karya dari playdough





4.3



Anak mampu meremas dan membentuk playdough







*catatlah nama anak yang masuk dalam kriteria ini
Ket :       BB = Belum Berkembang
MB= Mulai Berkembang
BSH= Berkembang Sesuai Harapan
BSB= Berkembang Sangat Baik
Keterangan :
Jumlah peserta didik =
Sikap spiritual dan sosial yang tidak di programkan pada saat pelaksanaan pembelajaran tetap muncul dalam satu hari

Guru harus mencatat sesuai dengan hasil pengamatan

Jakarta……………………

Mengetahui,                                                                                                                                      Guru Kelas
Kepala TK

……………………..                                                                                                                                   …………………….
NIP.                                                                                                                                      
                NIP.
FORMAT PENILAIAN MATERI PLANET
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN BELAJAR
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
1.1


Anak menyebutkan planet sebagai ciptaan Allah





2.2



Anak mau bertanya tentang planet





2.3 – 3.15


Anak membuat karya seni tentang planet





3.8



Anak mengenal planet sebagai bagian dari alam semesta





4.3


Anak membentuk planet dari playdough





4.8



Anak membentuk miniatur tata surya dari sterofom





4.15
Anak membuat roket dari botol bekas






*) catatlah nama anak yang masuk dalam kriteria ini
Ket:        BB= Belum Berkembang
MB= Mulai Berkembang
BSH= Berkembang Sesuai Harapan
BSB= Berkembang Sangat Baik


Keterangan        :
Jumlah peserta didik =      anak
Sikap spiritual dan sosial yang tidak diprogamkan pada saat pelaksanaan pembelajaran tetap muncul dalam satu hari
Guru harus mencatat sesuai dengan hasil pengamatan
 
 





Jakarta, .......................................
   Mengetahui,                                                                                                                   Guru Kelas
                        Kepala TK


.............................................................                                                               ..................................................
NIP                                                                                                                         NIP







MATERI : PELANGI

PEMBUKAAN :
Assalamualaikum anak-anak, Selamat pagi semuanya. Apa kabarnya hari ini ? Ibu Guru mau denger suaranya anak-anak nih, yuk biar semangat kita bernyanyi.

“Good morning, good morning to you, to you, and to you.
Good morning, good morning to you, to you, and to you. Heeey !
Selamat pagi bundaku, selamat pagi temanku. Kami siap belajar terima tugasmu. Heey !

“Mari kawan-kawan mari belajar
Sebelum belajar ucapkan salam
Mari berdoa pada Illahi sambil menadahkan kedua tangan
Mari berdoa pada Illahi sambil menadahkan kedua tangan” (Pakai nada ptong bebek angsa)

“Rodlitu billahirobba wabi islamidina wabimuhammadin nabiyyawwarasulla, *robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa--- * ulang 2x”
“*Mari kawan semua biasakan selalu berdoa
Sebelum mulai belajar agar manfaat untuk masa depan----- * ulang 2x”

“Tangan ke atas menggapai bintang. Tangan ke samping burung yang terbang. Tangan ke depan ikan berenang. Duduk yang rapih siap belajar”

“Disinilah disini kita berjumpa lagi
Disinilah disini kita berjumpa lagi
Salam (5x) Hey
Disinilah disini kita berjumpa (Nama Anak)
Disinilah disini kita berjumpa (Nama Anak)
Salam (5x) Hey”
Wah pintar anak-anak Ibu Guru hari ini masuk semua
Yuk sekarang kita akan belajar bersama dengan Ibu .....


APERSEPI

Hari ini kita akan akan membicarakan tentang pelangi. Ada yang tahu apa itu pelangi ?
Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang memiliki bentuk melengkung dengan berbagai warna-warni yang sejajar yang kadang-kadang muncul saat matahari bersinar setelah hujan.
Ada yang tahu apa saja warna pelangi ?
Ya, semuanya betul. Tapi warna pelangi sebenarnya ada 7 yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Atau biar lebih mudah kita singkat menjadi Mejikuhibiniu
Sekarang ibu guru mau bercerita tentang pelangi bersama Pogo si babi kecil dan Gaga si Gajah. Mau dengar cerita ibu guru ?
“Pada suatu hari di suatu hutan tinggalah seekor babi kecil bernama Pogo, saat itu si Pogo ingin bermain di bukit tetapi sedang turun hujan. Akhirnya Pogo pun memutuskan untuk bermain setelah hujan reda. Singkat cerita, hujan mulai reda dan Pogo pun pergi ke bukit untuk bermain.
Sesampainya di bukit Pogo melihat ada pelangi di langit, Pogo sangat takjub akan keindahan pelangi, sekaligus bingung mengapa pelangi itu bisa ada.
Pogo pun akhirnya hanya diam merenung memandangi pelangi sambil memikirkan bagaimana pelangi itu bisa muncul.
Tiba-tiba saat Pogo sedang melamun, ada Gaga si gajah menghampiri Pogo.
“Hey Pogo melamun saja, apa yang sedang kamu pikirkan ?” tanya Gaga
“Oh hey Gaga kamu mengagetkanku saja” jawab Pogo
“Iniloh aku sedang melihat pelangi dan sedang memikirkan bagaimana pelangi itu bisa muncul. Apakah kiamu tahu Gaga ?” tanya Pogo
“Oh, pelangi itu muncul karena adanya proses terbentuknya pelangi, kamu mau tahu bagaimana proses terbentuknya pelangi ?” kata Gaga
“Iya Gaga aku mau tahu”
“Baiklah akan aku ceritakan. Jadi, pelangi itu bisa terbentuk karena adanya cahaya matahari setelah hujan, cahaya matahari yang menyinari ke bumi dibiaskan atau dibelokkan karena terkena tetes air hujan yang ada di udara, kemudian terbentuklah garis-garis melengkung dengan berbagai macam warna atau yang kita sebut sebagai pelangi itu” jawab Gaga dengan penjelasannya mengenai proses terbentuknya pelangi
“Oh begitu ya, jadi pelangi itu berasal dari cahaya matahari yang terkena tetes air hujan ?”
“Iya Pogo kamu benar, dan jangan lupa proses terbentuknya pelangi itu juga karena kuasa Allah, dan pelangi itu adalah ciptaan Allah. Oleh karena itu kita harus senantiasa bersyukur atas segala ciptaan Allah” kata Gaga
“Baiklah Gaga, terimakasih yaa. Ayo sekarang kita bermain” ajak Pogo
Akhirnya, Pogo dan Gaga bermain bersama di bukit.

Nah, itulah tadi cerita bagaimana proses terbentuknya pelangi bersama Pogo dan Gaga.
Ingat kata Gaga, kita harus selalu bersyukur atas segala ciptaan Allah, termasuk pelangi. Bagaimana ya anak-anak cara mengucapkan syukur pada Allah ?
Iya, benar Alhamdulillah.
Dan jangan  lupa setiap kita melihat pelangi kita harus mengucapkan apa ?
Iya, kita harus mengucapkan Masya Allah.
Nah sekarang kita mau berkegiatan dan bermain, siapa yang mau ikut bermain bersama Ibu Guru ..... ?

KEGIATAN INTI :

Wah seru sekali ya tadi kita sudah tahu banyak tentang pelangi dari Ibu ....
Dan juga sudah mendengar cerita dari Pogo dan Gaga
Sekarang kita akan bermain bersama.
Disini ibu guru punya 3 permainan, yang pertama ada percobaan membuat susu pelangi, yang cara bermainnya adalah :
·         Pertama kita tuang susu ke dalam piring yang besar ini, dan yang di piring kecil ini Ibu sudah siapkan sabun cuci piring
·         Kedua kita teteskan pewarna makanan di atas susu secara acak
·         Ketiga kita celupkan cotton buds ke dalam piring kecil yang berisi sabun cuci piring
·         Setelah itu cotton buds yang sudah kita celupkan ke dalam sabun cuci piring kita celupkan ke dalam piring besar yang berisi susu yang sudah di teteskan pewarna tadi.
Dan lihat apa yang terjadi, warna warna dari pewarna tadi menyebar dan menyatu, berwarna-warni seperti pelangi.
Dan permainan kedua adalah bermain playdough, disini Ibu Guru punya contoh hasil Ibu Guru membuat playdough, anak-anak boleh mengikuti contoh ibu guru atau membuat sesuai kreasi anak-anak.
Dan yang ketiga adalah permainan puzzle, disini anak-anak bisa menyusun puzzle sesuai dengan contoh gambarnya.
Nah sekarang anak-anak akan dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing kelompok dapat bermain dalam satu permainan, setelah permainan yang satu boleh pindah ke permainan yang lain.
Sekarang yang bisa jawab pertanyaan Ibu guru boleh pilih kelompoknya.
Siapa yang tahu apa singkatan dari warna-warna pelangi ?
Siapa yang tahu dimana adanya pelangi ?
Siapa yang tahu, kita harus mengucapkan apa saat melihat pelangi ?
(Anak-anak bermain dalam permainan)

PENUTUP :

Wah seru ya tadi kita sudah bermain dengan Ibu .....
Nah sekarang Ibu Guru mau tanya dong tadi kita sudah melakukan kegiatan apa saja ?
Iya pintar semua anak-anak Ibu Guru.
Yuk sebelum pulang kita membaca doa bersama dahulu ya.
(Membaca surat Al-Ashr)
Kita bernanyi lagi ya

“*Mari kawan-kawan marilah pulang
Beri salam ibu selamat siang
Besok kami kan datang kembali bersama-sama belajar disini 2x”------ * ulang 2x
(Pakai nada lagu potong bebek angsa)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu



MATERI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN DARI PELANGI

1.       Apa itu Pelangi, apa saja warna pelangi ?
Pelangi adalah fenomena alam yang memiliki bentuk melengkung dengan berbagai warna-warni yang sejajar yang kadang-kadang muncul di langit saat matahari bersinar setah hujan
Waran pelangi ada 7 yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu

2.       Siapa Pencipta Pelangi ?
Yang menciptakan pelangi adalah Allah SWT
Seperti yang dijelaskan dalam QS. Fatir ayat 27
“Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat”

3.       Dimana adanya pelangi ?
Pelangi ada di langit

4.       Kapan kita bisa melihat pelangi ?
Pelangi kadang-kadang bisa kita lihat saat setelah turun hujan

5.       Kenapa pelangi bisa ada ?
Pelangi bisa ada karena diciptakan oleh Allah sebagai salah satu fenomena alam yang indah. Dan semua yang diciptakan Allah termasuk pelangi adalah nikmat yang diberikan untuk manusia. Oleh karena itu, kita harus senantiasa bersyukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah” atas segala nikmat yang diberikan Allah. Dan senantiasa mengucapkan “Masya Allah” saat melihat ciptaan Allah yang indah, salah satunya pelangi.

6.       Bagaimana proses terbentuknya pelangi ?
Pelangi terbentuk karena adanya proses terbentuknya pelangi atau biasanya disebut dispersi cahaya,yaitu peruraian cahaya putih menjadi cahaya yang berwarna warni. Cahaya putih itu berasal dari cahaya matahari dan bisa diuraikan menjadi  cahaya warna warni karena cahaya matahari itu terkena tetes air hujan yang tersisa di  udara saat hujan mulai reda



MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM MATERI PELANGI

  1. PLAYDOUGH

  1. GAMBAR PELANGI DAN BONEKA JARI UNTUK BERCERITA

 

  1. 3PUZZLE

  1. ALAT-ALAT UNTUK PERCOBAAN SUSU PELANGI (PIRING/WADAH, SUSU PUTIH, PEWARNA MAKANAN, COTTON BUDS. SABUN CUCI PIRING)
   







MATERI PLANET

PEMBUKAAN :
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Selamat pagi. Apa kabarnya hari ini? Semangat bermain hari ini? coba ibu mau tau semangatnya yuk, kita bernyanyi yuk.
Jari jempol dan telunjuk, jari tengah yang panjang
Jari manis untuk cincin, jari kelingking ku sayang
Ku berhitung, satu dua tiga empat dan lima
Lima jari angkat tangan mari kita berdoa... berdoa sebelum belajar
(Anak membaca doa sebelum belajar)
Pintar. Sebelum belajar ibu absen dulu yuk, yang dipanggil namanya angkat tangan dan bilang hadir.
(Guru mengabsen)
Siapa yang hari ini tidak masuk? Kenapa dia tidak masuk?

APERSEPSI :
Oke. Hari ini kita akan membicarakan tentang alam semesta.....
Temen temen tahu tidak, Kita itu tinggal dimana ya?
Ya, pintar semua. Kita tinggal di bumi.
Bumi itu apa sih?
Bumi adalah salah satu dari 8 planet yang kita tempati
Lalu, planet itu apa?
Planet adalah benda langit yang sangat besar dan mengelilingi matahari
Planet adanya dimana?
Planet berada diluar angkasa
Siapa ya  yang menciptakan planet?
Yang menciptakan seluruh planet adalah Allah SWT
Mengapa Allah menciptakan planet?
Allah menciptakan planet agar bisa mengorbitkan matahari dan salah satu manfaat planet adalah untuk kita tempati, yaitu bumi
Tadi sebelumnya ibu bicara bahwa ada 8 planet yang berada di luar angkasa. Planet apa saja itu?
Yuk kita sebutkan macam macam planet lewat nyanyian ya.
“Ayo ayo semua belajar bersama, belajar bersama nama nama planet.
Satu merkurius, dua itu venus, tiga itu bumi, empat itu mars
Lima jupiter, enam saturnus, tujuh uranus, delapan neptunus.
Itulah semua nama nama planet, planet planet ciptaan Allah”
Lihat nih, ibu membawa contoh bentuk planet.
Planet yang berwarna abu abu dan paling kecil ini namanya merkurius
Planet berikutnya yang berwarna jingga namanya venus
Kemudia planet biru yang memiliki corak hijau adalah planet yang kita tempati, yaitu bumi
Disebelah bumi, ada planet berwarna merah namanya mars
Planet paling besar dan memiliki bintik merah dibawah namanya jupiter
Planet yang paling cantik karena memiliki cincin namanya saturnus
Dan dua planet terakhir yang berwarna biru dan paling dingin bernama uranus dan neptunus.
Setelah tau nama planet dan ciri cirinya, ibu mau bertanya, Nama planet yang kita tempati planet apa?
Planet yang kita tempati bernama bumi.
Kenapa kita hanya dapat tinggal dibumi?
Karena di planet lain tidak ada oksigen dan air untuk kehidupan kita serta suhunya terlalu panas dan dingin
Bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah karena kita tinggal dibumi bukan diplanet lain?
kita harus membaca Alhamdulillahiraabbil’alamin
Teman teman, planet itu bergerak lho. Bagaimana planet bergerak?
Planet bergerak dengan cara mengelilingi matahari
Siapa yang mau lihat planet diluar angkasa? Teman teman tahu tidak Bagaimana cara kita melihat planet?
Kita tidak dapat melihat lanet dengan alat bantu apapun, kita harus pergi langsung keluar angkasa
Lalu Siapa yang bisa pergi ke luar angkasa untuk melihat planet ?
Orang yang dapat pergi keluar angkasa untuk melihat planet disebut astronot

KEGIATAN INTI :
Wah seru ya berbicara tentang planet dengan ibu...
Sekarang ibu... punya banyak sekali permainan, siapa yang mau bermain?
Disini ibu... punya 3 permainan,
·         Permainan pertama yaitu membuat miniatur tata surya dari sterofom
Disini ibu punya berbagai macam bentuk planet, ibu ingin kalian menusukkan sterofom berbentuk planet ini dengan bentuk memutar ke sterofom yang berbentuk planet matahari. sesuai dengan urutan planet yang paling dekat dengan matahari dan ciri cirinya serta menusuknya di mulai dari lidi yang paling pendek seperti bentuk yang ibu punya
·         Permainan kedua yaitu bermain playdough.
Ibu ingin teman teman membentuk planet dari playdough sesuai dengan masing masing ciri dari planet kemudian menyusunnya. Seperti yang ibu contohkan.
·         Permainan ketiga yaitu membuat roket dari botol bekas. Siapa disini yang ingin jadi astronot? Astronot pergi ke luar angkasa menggunakan roket, yuk kita buat roket untuk terbang seperti astronot.
Ibu sudah menyediakan botol bekas yang sudah diberi lubang, kalian tempelkan sayap sayap roket dari kardus yang telah disediakan kesisi botol yang telah diberi lubang. Setelah selesai, kita buat kepala roket dengan karton yang disediakan, tinggal kalian rekatkan dengan solasi.
Sebelum bermain, ibu akan membagi kelompok. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ibu boleh ajak temannya 2 orang untuk memilih permainan yang disukai. Oke?
Di planet apa kita tinggal?
Ada berapa planet yang ada diluar angkasa?
Siapa yang dapat pergi keluar angkasa untuk melihat planet?
(Anak anak melakukan kegiatan)


PENUTUP :
Bagaimana, seru tidak bermainnya hari ini?
Ibu guru mau tanya, hari ini sudah melakukan apa saja dengan ibu... dan ibu.... ?
Pintar ya teman teman.
Karena hari sudah siang, saatnya kita pulang. Sebelum pulang mari kita membaca doa terlebih dahulu
(membaca surat al ashr)
Kita benyanyi lagi ya
Hari sudah siang ibu guru
Pulang sekolah karena waktu
Selamat siang selamat siang, besok kami kan datang
Selamat siang selamat siang, besok kami kan datang...2x
Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh



MATERI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN DARI PLANET





MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM MATERI PLANET
A.    ROKET DARI BOTOL BEKAS










B.    BENTUK PLANET DARI PLAYDOUGH





1 komentar:

  1. Lucky Club: The Best Online Casino Site
    Lucky Club offers you the opportunity to win cash prizes. Enjoy our wide range of great casino games at our online casino site. No luckyclub.live matter what  Rating: 4.5 · ‎Review by LuckyClub.live

    BalasHapus