TEMA ALAM SEMESTA
“PELANGI & PLANET”
USIA 5-6 TAHUN
Disusun Oleh :
Sucia
Imanda (0604515853)
Dea
Annisa (0604515005)
Vitasya Putri
Zahrawanny (0604515018)
Riska Sulistyawati
(0604515021)
Nopi Sri Rezeki
(0604515023)
UNIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA
FAKULTAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PG-PAUD
2016
TEMA :
ALAM SEMESTA
|
||
SUB TEMA 1:
GEJALA ALAM
|
SUB TEMA 2 :
BENDA-BENDA LANGIT
|
|
MATERI :
PELANGI
|
MATERI :
PLANET
|
|
METODE :
CERAMAH, TANYA JAWAB,
BERCERITA, EKSPERIMEN
|
METODE :
CERAMAH, TANYA JAWAB,
DEMONSTRASI
|
|
MEDIA :
GAMBAR PELANGI, BONEKA
JARI, PLAYDOUGH, PUZZLE, SUSU, WADAH, PEWARNA MAKANAN, SABUN CUCI PIRING,
COTTON BUDS
|
MEDIA :
GAMBAR PLANET, PLANET
DARI STEROFOM, PLAYDOUGH,STIK, BOTOL BEKAS, KARTON
|
|
KEGIATAN :
·
PERCOBAAN MEMBUAT SUSU PELANGI
·
MENYUSUN PUZZLE
·
BERMAIN PLAYDOUGH
|
KEGIATAN :
·
MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA DARI STEROFOM
·
MEMBUAT PLANET DARI PLAYDOUGH
·
MEMBUAT ROKET DARI BOTOL BEKAS
|
|
KOMPETENSI DASAR
1.1 (MEMPERCAYAI ADANYA
TUHAN MELALUI CIPTAAN-NYA)
2.2 (MEMILIKI PERILAKU
YANG MENCERMINKAN SIKAP INGIN TAHU)
2.3 (MEMILIKI PERILAKU
YANG MENCCERMINKAN SIKAP KREATIF)
3.8 (MENGENAL LINGKUNGAN
ALAM)
3.15 (MENGENAL BERBAGAI
KARYA DAN AKTIFITAS SENI)
4.3 (MENGGUNAKAN ANGGOTA
TUBUH UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN HALUS)
4.8 (MENYAJIKAN BERBAGAI
KARYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN ALAM DALAM BENTUK GAMBAR, BERCERITA,
BERNYANYI DAN GERAK TUBUH)
4.15 (MENUNJUKKAN KARYA
DAN AKTIFITAS SENI DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA)
|
||
ASPEK :
·
MORAL : MEMBACA KALIMAT THAYYIBAH KETIKA MELIHAT PELANGI (MASYA ALLAH)
DAN BERSYUKUR ATAS NIKMAT ALLAH YANG DIBERIKAN YAITU BERUPA PELANGI
·
KOGNITIF : BEREKSPRERIMEN MEMBUAT PERCOBAAN SUSU PELANGI DAN MENYUSUN
PUZZLE
·
FISIK MOTORIK : MELAKUKAN GERAKAN MEREMAS DAN MEMBENTUK PLAYDOUGH
·
BAHASA : BERCERITA TENTANG APA YANG DILIHAT DAN HASIL DARI EKSPRERIMEN
SUSU PELANGI
·
SOSIAL EMOSIONAL : BEKERJASAMA SAAT BEREKSPRERIMEN SUSU PELANGI
·
SENI : MEMBUAT HASIL KARYA DARI PLAYDOUGH
|
ASPEK :
·
MORAL : MEMBACA KALIMAT THAYYIBAH, BERSYUKUR ATAS SEGALA CIPTAAN ALLAH
TERUTAMA BUMI SEBAGAI PLANET TEMPAT TINGGAL MANUSIA
·
KOGNITIF : MENGETAHUI NAMA-NAMA PLANET DAN DAPAT MENGURUTKAN DALAM
BENTUK KEGIATAN MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA
·
FISIK MOTORIK : MELAKUKAN GERAKAN MEREMAS DAN MEMBENTUK PLAYDOUGH
·
SOSIAL EMOSIONAL : BEKERJASAMA MELAKUKAN KEGIATAN MEMBUAT MINIATUR
TATA SURYA
·
SENI : MEMBUAT HASIL KARYA DARI BERBAGAI KEGIATAN
|
|
URUTAN KEGIATAN :
PEMBUKAAN
·
PEMBUKAAN DENGAN BERNYANYI DAN BERDOA
·
GURU BERTANYA, BERCAKAP CAKAP DENGAN ANAK DAN
MENJELASKAN MENGENAI PELANGI (APA ITU
PELANGI, SIAPA PENCIPTA PELANGI, DIMANA ADANYA PELANGI, KAPAN ADANYA PELANGI,
KENAPA ADA PELANGI, DAN BAGAIMANA PROSES TERJADINYA PELANGI)
·
GURU BERCERITA DENGAN MEDIA TENTANG PROSES
TERJADINYA PELANGI
INTI
·
EKSPERIMEN MEMBUAT SUSU PELANGI
·
MENYUSUN PUZZLE
·
BERMAIN PLAYDOUGH
PENUTUP
·
REVIEW HASIL KEGIATAN HARI INI
·
PENUTUP DENGAN BERNYANYI DAN BERDOA
|
URUTAN KEGIATAN :
PEMBUKAAN
·
BERDOA, SALAM
·
BERCAKAP CAKAP SESUAI TEMA, MISALNYA
MENYEBUTKAN BENDA BENDA LANGIT
INTI
·
ANAK MENGAMATI VIDEO TENTANG PLANET TATA SURYA
·
ANAK DIDORONG UNTUK BERTANYA TENTANG PLANET,
SEPERTI : “APA ITU PLANET?” “ SIAPA
YANG MENCIPTAKAN PLANET?” “DIMANA PLANET BERADA?” “APA SAJA JENIS PLANET?”
·
GURU MERESPON PERTANYAAN ANAK DENGAN
MENYIAPKAN KEGIATAN YANG BISA MENJAWAB PERTANYAAN ANAK
-
KEGIATAN
1 : MEMBUAT MINIATUR TATA SURYA
-
KEGIATAN 2 : MEMBUAT PLANET DARI PLAYDOUGH
-
KEGIATAN 3 : MEMBUAT ROKET DARI BOTOL BEKAS
PENUTUP
·
MEMBICARAKAN MENGENAI KEGIATAN YANG DILAKUKAN
·
BERDOA, SALAM
|
|
FORMAT PENILAIAN HARIAN MATERI PELANGI
Kompetensi Dasar ( KD )
|
Indikator Pencapaian Pembelajaran
|
Hasil Penilaian
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1.1
|
Anak mengetahui
pelangi sebagai ciptaan Tuhan
|
||||
2.2
|
Anak mau bertanya
tentang pelangi
|
||||
2.3
|
|||||
3.8- 4.8
|
Anak mengetahui apa
saja warna pelangi, dimana adanya pelangi dan kapan adanya pelangi
|
||||
3.15- 4.15
|
Anak mampu membuat
hasil karya dari playdough
|
||||
4.3
|
Anak mampu meremas
dan membentuk playdough
|
*catatlah nama anak yang masuk dalam
kriteria ini
Ket : BB = Belum Berkembang
MB= Mulai Berkembang
BSH= Berkembang Sesuai Harapan
BSB= Berkembang Sangat Baik
MB= Mulai Berkembang
BSH= Berkembang Sesuai Harapan
BSB= Berkembang Sangat Baik
Keterangan :
Jumlah peserta didik =
Jumlah peserta didik =
Sikap spiritual dan
sosial yang tidak di programkan pada saat pelaksanaan pembelajaran tetap
muncul dalam satu hari
Guru harus mencatat
sesuai dengan hasil pengamatan
|
Jakarta……………………
Mengetahui, Guru
Kelas
Kepala TK
Kepala TK
…………………….. …………………….
NIP. NIP.
NIP. NIP.
FORMAT
PENILAIAN MATERI PLANET
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN BELAJAR
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1.1
|
Anak menyebutkan planet sebagai ciptaan Allah
|
||||
2.2
|
Anak mau bertanya tentang planet
|
||||
2.3 – 3.15
|
Anak membuat karya seni tentang planet
|
||||
3.8
|
Anak mengenal planet sebagai bagian dari alam semesta
|
||||
4.3
|
Anak membentuk planet dari playdough
|
||||
4.8
|
Anak membentuk miniatur tata surya dari sterofom
|
||||
4.15
|
Anak membuat roket dari botol bekas
|
*) catatlah nama anak yang masuk dalam
kriteria ini
Ket: BB= Belum Berkembang
MB= Mulai Berkembang
BSH= Berkembang Sesuai Harapan
BSB= Berkembang Sangat Baik
Keterangan :
Jumlah
peserta didik = anak
|
Jakarta,
.......................................
Mengetahui, Guru
Kelas
Kepala
TK
............................................................. ..................................................
NIP NIP
MATERI : PELANGI
PEMBUKAAN :
Assalamualaikum anak-anak,
Selamat pagi semuanya. Apa kabarnya hari ini ? Ibu Guru mau denger suaranya
anak-anak nih, yuk biar semangat kita bernyanyi.
“Good morning, good morning to
you, to you, and to you.
Good morning, good morning to
you, to you, and to you. Heeey !
Selamat pagi bundaku, selamat
pagi temanku. Kami siap belajar terima tugasmu. Heey !
“Mari kawan-kawan mari belajar
Sebelum belajar ucapkan salam
Mari berdoa pada Illahi sambil
menadahkan kedua tangan
Mari berdoa pada Illahi sambil
menadahkan kedua tangan” (Pakai nada ptong bebek angsa)
“Rodlitu billahirobba wabi
islamidina wabimuhammadin nabiyyawwarasulla, *robbi zidnii ilmaa warzuqnii
fahmaa--- * ulang 2x”
“*Mari kawan semua biasakan
selalu berdoa
Sebelum mulai belajar agar
manfaat untuk masa depan----- * ulang 2x”
“Tangan ke atas menggapai
bintang. Tangan ke samping burung yang terbang. Tangan ke depan ikan berenang.
Duduk yang rapih siap belajar”
“Disinilah disini kita berjumpa
lagi
Disinilah disini kita berjumpa
lagi
Salam (5x) Hey
Disinilah disini kita berjumpa
(Nama Anak)
Disinilah disini kita berjumpa
(Nama Anak)
Salam (5x) Hey”
Wah pintar anak-anak Ibu Guru
hari ini masuk semua
Yuk sekarang kita akan belajar
bersama dengan Ibu .....
APERSEPI
Hari ini kita akan akan membicarakan tentang pelangi. Ada yang tahu apa itu pelangi ?
Pelangi adalah salah satu
fenomena alam yang memiliki bentuk melengkung dengan berbagai warna-warni yang
sejajar yang kadang-kadang muncul saat matahari bersinar setelah hujan.
Ada yang tahu apa saja warna
pelangi ?
Ya, semuanya betul. Tapi warna
pelangi sebenarnya ada 7 yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan
ungu. Atau biar lebih mudah kita singkat menjadi Mejikuhibiniu
Sekarang ibu guru mau bercerita
tentang pelangi bersama Pogo si babi kecil dan Gaga si Gajah. Mau dengar cerita
ibu guru ?
“Pada suatu hari di suatu hutan
tinggalah seekor babi kecil bernama Pogo, saat itu si Pogo ingin bermain di
bukit tetapi sedang turun hujan. Akhirnya Pogo pun memutuskan untuk bermain
setelah hujan reda. Singkat cerita, hujan mulai reda dan Pogo pun pergi ke
bukit untuk bermain.
Sesampainya di bukit Pogo melihat
ada pelangi di langit, Pogo sangat takjub akan keindahan pelangi, sekaligus
bingung mengapa pelangi itu bisa ada.
Pogo pun akhirnya hanya diam
merenung memandangi pelangi sambil memikirkan bagaimana pelangi itu bisa
muncul.
Tiba-tiba saat Pogo sedang
melamun, ada Gaga si gajah menghampiri Pogo.
“Hey Pogo melamun saja, apa yang
sedang kamu pikirkan ?” tanya Gaga
“Oh hey Gaga kamu mengagetkanku
saja” jawab Pogo
“Iniloh aku sedang melihat
pelangi dan sedang memikirkan bagaimana pelangi itu bisa muncul. Apakah kiamu
tahu Gaga ?” tanya Pogo
“Oh, pelangi itu muncul karena
adanya proses terbentuknya pelangi, kamu mau tahu bagaimana proses terbentuknya
pelangi ?” kata Gaga
“Iya Gaga aku mau tahu”
“Baiklah akan aku ceritakan. Jadi, pelangi itu bisa terbentuk karena adanya cahaya matahari setelah hujan, cahaya matahari yang menyinari ke bumi dibiaskan atau dibelokkan karena terkena tetes air hujan yang ada di udara, kemudian terbentuklah garis-garis melengkung dengan berbagai macam warna atau yang kita sebut sebagai pelangi itu” jawab Gaga dengan penjelasannya mengenai proses terbentuknya pelangi
“Baiklah akan aku ceritakan. Jadi, pelangi itu bisa terbentuk karena adanya cahaya matahari setelah hujan, cahaya matahari yang menyinari ke bumi dibiaskan atau dibelokkan karena terkena tetes air hujan yang ada di udara, kemudian terbentuklah garis-garis melengkung dengan berbagai macam warna atau yang kita sebut sebagai pelangi itu” jawab Gaga dengan penjelasannya mengenai proses terbentuknya pelangi
“Oh begitu ya, jadi pelangi itu
berasal dari cahaya matahari yang terkena tetes air hujan ?”
“Iya Pogo kamu benar, dan jangan
lupa proses terbentuknya pelangi itu juga karena kuasa Allah, dan pelangi itu
adalah ciptaan Allah. Oleh karena itu kita harus senantiasa bersyukur atas
segala ciptaan Allah” kata Gaga
“Baiklah Gaga, terimakasih yaa.
Ayo sekarang kita bermain” ajak Pogo
Akhirnya, Pogo dan Gaga bermain
bersama di bukit.
Nah, itulah tadi cerita bagaimana
proses terbentuknya pelangi bersama Pogo dan Gaga.
Ingat kata Gaga, kita harus
selalu bersyukur atas segala ciptaan Allah, termasuk pelangi. Bagaimana ya
anak-anak cara mengucapkan syukur pada Allah ?
Iya, benar Alhamdulillah.
Dan jangan lupa setiap kita melihat pelangi kita harus
mengucapkan apa ?
Iya, kita harus mengucapkan Masya
Allah.
Nah sekarang kita mau berkegiatan
dan bermain, siapa yang mau ikut bermain bersama Ibu Guru ..... ?
KEGIATAN INTI :
Wah seru sekali ya tadi kita
sudah tahu banyak tentang pelangi dari Ibu ....
Dan juga sudah mendengar cerita
dari Pogo dan Gaga
Sekarang kita akan bermain
bersama.
Disini ibu guru punya 3
permainan, yang pertama ada percobaan membuat susu pelangi, yang cara
bermainnya adalah :
·
Pertama kita tuang susu ke dalam piring yang
besar ini, dan yang di piring kecil ini Ibu sudah siapkan sabun cuci piring
·
Kedua kita teteskan pewarna makanan di atas susu
secara acak
·
Ketiga kita celupkan cotton buds ke dalam piring
kecil yang berisi sabun cuci piring
·
Setelah itu cotton buds yang sudah kita celupkan
ke dalam sabun cuci piring kita celupkan ke dalam piring besar yang berisi susu
yang sudah di teteskan pewarna tadi.
Dan lihat apa yang terjadi, warna
warna dari pewarna tadi menyebar dan menyatu, berwarna-warni seperti pelangi.
Dan permainan kedua adalah
bermain playdough, disini Ibu Guru punya contoh hasil Ibu Guru membuat
playdough, anak-anak boleh mengikuti contoh ibu guru atau membuat sesuai kreasi
anak-anak.
Dan yang ketiga adalah permainan
puzzle, disini anak-anak bisa menyusun puzzle sesuai dengan contoh gambarnya.
Nah sekarang anak-anak akan
dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing kelompok dapat bermain dalam satu
permainan, setelah permainan yang satu boleh pindah ke permainan yang lain.
Sekarang yang bisa jawab pertanyaan
Ibu guru boleh pilih kelompoknya.
Siapa yang tahu apa singkatan
dari warna-warna pelangi ?
Siapa yang tahu dimana adanya
pelangi ?
Siapa yang tahu, kita harus
mengucapkan apa saat melihat pelangi ?
(Anak-anak bermain dalam
permainan)
PENUTUP :
Wah seru ya tadi kita sudah
bermain dengan Ibu .....
Nah sekarang Ibu Guru mau tanya
dong tadi kita sudah melakukan kegiatan apa saja ?
Iya pintar semua anak-anak Ibu
Guru.
Yuk sebelum pulang kita membaca
doa bersama dahulu ya.
(Membaca surat Al-Ashr)
Kita bernanyi lagi ya
“*Mari kawan-kawan marilah pulang
Beri salam ibu selamat siang
Besok kami kan datang kembali
bersama-sama belajar disini 2x”------ * ulang 2x
(Pakai nada lagu potong bebek
angsa)
Wassalamualaikum warahmatullahi
wabarakatu
MATERI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN DARI PELANGI
1.
Apa
itu Pelangi, apa saja warna pelangi ?
Pelangi adalah fenomena alam yang memiliki
bentuk melengkung dengan berbagai warna-warni yang sejajar yang kadang-kadang
muncul di langit saat matahari bersinar setah hujan
Waran pelangi ada 7 yaitu Merah, Jingga,
Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu
2.
Siapa
Pencipta Pelangi ?
Yang menciptakan pelangi adalah Allah SWT
Seperti yang dijelaskan dalam QS. Fatir ayat
27
“Tidakkah engkau melihat bahwa Allah
menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang
beraneka macam jenisnya. Di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan
merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat”
3.
Dimana
adanya pelangi ?
Pelangi ada di langit
4.
Kapan
kita bisa melihat pelangi ?
Pelangi kadang-kadang bisa kita lihat saat
setelah turun hujan
5.
Kenapa
pelangi bisa ada ?
Pelangi bisa ada karena diciptakan oleh
Allah sebagai salah satu fenomena alam yang indah. Dan semua yang diciptakan
Allah termasuk pelangi adalah nikmat yang diberikan untuk manusia. Oleh karena
itu, kita harus senantiasa bersyukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah” atas
segala nikmat yang diberikan Allah. Dan senantiasa mengucapkan “Masya Allah”
saat melihat ciptaan Allah yang indah, salah satunya pelangi.
6.
Bagaimana
proses terbentuknya pelangi ?
Pelangi terbentuk karena adanya proses
terbentuknya pelangi atau biasanya disebut dispersi cahaya,yaitu peruraian
cahaya putih menjadi cahaya yang berwarna warni. Cahaya putih itu berasal dari
cahaya matahari dan bisa diuraikan menjadi
cahaya warna warni karena cahaya matahari itu terkena tetes air hujan
yang tersisa di udara saat hujan mulai
reda
MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM MATERI
PELANGI
- PLAYDOUGH
- GAMBAR PELANGI DAN BONEKA JARI UNTUK BERCERITA
- 3PUZZLE
- ALAT-ALAT UNTUK PERCOBAAN SUSU PELANGI (PIRING/WADAH, SUSU PUTIH, PEWARNA MAKANAN, COTTON BUDS. SABUN CUCI PIRING)
MATERI PLANET
PEMBUKAAN :
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh..
Selamat pagi. Apa kabarnya hari
ini? Semangat bermain hari ini? coba ibu mau tau semangatnya yuk, kita
bernyanyi yuk.
Jari jempol dan telunjuk, jari
tengah yang panjang
Jari manis untuk cincin, jari
kelingking ku sayang
Ku berhitung, satu dua tiga empat
dan lima
Lima jari angkat tangan mari kita
berdoa... berdoa sebelum belajar
(Anak membaca doa sebelum
belajar)
Pintar. Sebelum belajar ibu absen
dulu yuk, yang dipanggil namanya angkat tangan dan bilang hadir.
(Guru mengabsen)
Siapa yang hari ini tidak masuk?
Kenapa dia tidak masuk?
APERSEPSI :
Oke. Hari ini kita akan
membicarakan tentang alam semesta.....
Temen temen tahu tidak, Kita itu tinggal dimana ya?
Ya,
pintar semua. Kita tinggal di bumi.
Bumi itu apa sih?
Bumi
adalah salah satu dari 8 planet yang kita tempati
Lalu, planet itu apa?
Planet
adalah benda langit yang sangat besar dan mengelilingi matahari
Planet adanya dimana?
Planet
berada diluar angkasa
Siapa ya yang menciptakan planet?
Yang
menciptakan seluruh planet adalah Allah SWT
Mengapa Allah menciptakan planet?
Allah menciptakan
planet agar bisa mengorbitkan matahari dan salah satu manfaat planet adalah
untuk kita tempati, yaitu bumi
Tadi sebelumnya ibu bicara bahwa
ada 8 planet yang berada di luar angkasa. Planet
apa saja itu?
Yuk kita sebutkan macam macam
planet lewat nyanyian ya.
“Ayo ayo semua belajar bersama,
belajar bersama nama nama planet.
Satu merkurius, dua itu venus,
tiga itu bumi, empat itu mars
Lima jupiter, enam saturnus,
tujuh uranus, delapan neptunus.
Itulah semua nama nama planet,
planet planet ciptaan Allah”
Lihat nih, ibu membawa contoh
bentuk planet.
Planet yang berwarna abu abu dan
paling kecil ini namanya merkurius
Planet berikutnya yang berwarna
jingga namanya venus
Kemudia planet biru yang memiliki
corak hijau adalah planet yang kita tempati, yaitu bumi
Disebelah bumi, ada planet
berwarna merah namanya mars
Planet paling besar dan memiliki
bintik merah dibawah namanya jupiter
Planet yang paling cantik karena
memiliki cincin namanya saturnus
Dan dua planet terakhir yang
berwarna biru dan paling dingin bernama uranus dan neptunus.
Setelah tau nama planet dan ciri
cirinya, ibu mau bertanya, Nama planet
yang kita tempati planet apa?
Planet
yang kita tempati bernama bumi.
Kenapa kita hanya dapat tinggal dibumi?
Karena
di planet lain tidak ada oksigen dan air untuk kehidupan kita serta suhunya
terlalu panas dan dingin
Bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah karena kita tinggal dibumi bukan
diplanet lain?
kita
harus membaca Alhamdulillahiraabbil’alamin
Teman teman, planet itu bergerak
lho. Bagaimana planet bergerak?
Planet
bergerak dengan cara mengelilingi matahari
Siapa yang mau lihat planet
diluar angkasa? Teman teman tahu tidak Bagaimana
cara kita melihat planet?
Kita
tidak dapat melihat lanet dengan alat bantu apapun, kita harus pergi langsung
keluar angkasa
Lalu Siapa yang bisa pergi ke luar angkasa untuk melihat planet ?
Orang
yang dapat pergi keluar angkasa untuk melihat planet disebut astronot
KEGIATAN INTI :
Wah seru ya berbicara tentang
planet dengan ibu...
Sekarang ibu... punya banyak
sekali permainan, siapa yang mau bermain?
Disini ibu... punya 3 permainan,
·
Permainan pertama yaitu membuat miniatur tata
surya dari sterofom
Disini ibu punya berbagai macam
bentuk planet, ibu ingin kalian menusukkan sterofom berbentuk planet ini dengan
bentuk memutar ke sterofom yang berbentuk planet matahari. sesuai dengan urutan
planet yang paling dekat dengan matahari dan ciri cirinya serta menusuknya di
mulai dari lidi yang paling pendek seperti bentuk yang ibu punya
·
Permainan kedua yaitu bermain playdough.
Ibu ingin teman teman membentuk
planet dari playdough sesuai dengan masing masing ciri dari planet kemudian
menyusunnya. Seperti yang ibu contohkan.
·
Permainan ketiga yaitu membuat roket dari botol
bekas. Siapa disini yang ingin jadi astronot? Astronot pergi ke luar angkasa
menggunakan roket, yuk kita buat roket untuk terbang seperti astronot.
Ibu sudah menyediakan botol bekas
yang sudah diberi lubang, kalian tempelkan sayap sayap roket dari kardus yang
telah disediakan kesisi botol yang telah diberi lubang. Setelah selesai, kita
buat kepala roket dengan karton yang disediakan, tinggal kalian rekatkan dengan
solasi.
Sebelum bermain, ibu akan membagi
kelompok. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ibu boleh ajak temannya 2 orang
untuk memilih permainan yang disukai. Oke?
Di planet apa kita tinggal?
Ada berapa planet yang ada diluar
angkasa?
Siapa yang dapat pergi keluar
angkasa untuk melihat planet?
(Anak anak melakukan kegiatan)
PENUTUP :
Bagaimana, seru tidak bermainnya
hari ini?
Ibu guru mau tanya, hari ini
sudah melakukan apa saja dengan ibu... dan ibu.... ?
Pintar ya teman teman.
Karena hari sudah siang, saatnya
kita pulang. Sebelum pulang mari kita membaca doa terlebih dahulu
(membaca surat al ashr)
Kita benyanyi lagi ya
Hari sudah siang ibu guru
Pulang sekolah karena waktu
Selamat siang selamat siang,
besok kami kan datang
Selamat siang selamat siang,
besok kami kan datang...2x
Wassalamualaikum
warahmatullahiwabarakatuh
MATERI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN DARI PLANET
MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM MATERI PLANET
A.
ROKET DARI
BOTOL BEKAS
B.
BENTUK PLANET DARI PLAYDOUGH
Lucky Club: The Best Online Casino Site
BalasHapusLucky Club offers you the opportunity to win cash prizes. Enjoy our wide range of great casino games at our online casino site. No luckyclub.live matter what Rating: 4.5 · Review by LuckyClub.live